dssdsd

Darussalamah kirim 25 Santri MQK tingkat Kabupaten




Lomba Musabaqoh Qira’atul Kutub (MQK) merupakan lomba yang tidak hanya sekedar membaca teks kitab kuning atau yang lebih akrab dengan sebutan kitab gundul, yang dikarenakan tidak memiliki harakat atau tanda baca. Melainkan lebih kepada konteks, pemahaman dan kajian isinya. Adanya ajang perlombaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas peminat bahasa Arab dan penyampai pesan, bahwa ada keindahan yang luar biasa dalam bahasa Arab. Lomba baca kitab kuning inipun bukan hanya sebatas lomba untuk memperebutkan juara, melainkan menjadi penyebaran nilai-nilai keislaman.


Dalam rangka menghadapi Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) tingkat Kabupaten, yang diselenggarakan oleh Kemenag Kabupaten Musi Rawas. Dalam hal ini tempat penyeleksian berlokasi di Kantor  Kementrian Agama Musi Rawas dan di-Hakimi oleh beberapa Kyai atau Pimpinan Pondok Pesantren se-Kawasan Kabupaten Musi Rawas. (Senin, 29/05/23).


Diharapkan bahwa pelaksanaan seleksi MQK ini merupakan upaya untuk mendorong dan meningkatkan kecintaan dan keseriusan santri dalam mempelajari kitab-kitab rujukan yang berbahasa Arab tanpa baris yang lebih dikenal dengan nama Kitab Kuning serta untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan santri dalam membaca dan melakukan kajian ilmu Agama.




Darussalamah- ikut andil dalam ajang seleksi MQK tingkat kabupaten, yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas  pada Senin, 29 Mei 2023. Dalam hal ini Pondok Pesantren Darussalamah mengirimkan 25 santri baik putra maupun putri dengan bidang kitabnya masing-masing. 

Diwaktu yang singkat mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi diajang ini, berbagai kitab dipelajari oleh santri untuk bisa loloss dan memeberikan nama harum untuk Pondok Pesantren Darussalamah.

0 Response to "Darussalamah kirim 25 Santri MQK tingkat Kabupaten"

Post a Comment