dssdsd

Sederet Amalan Bulan Muharram



Darussalamah-
Bulan Muharram menjadi salah satu muara bagi orang-orang beriman yang ingin melakukan amalan-amalan yang sangat di anjurkan dalam Islam. Tapi jangan lupa! ketika melakunnya kita harus di sertai dengan keikhlasan.

Berikut adalah amalan-amalan yang di anjurkan dalam mengisi bulan Muharram, yang darussalamahmura himpun dalam ringkasan di bawah :


Amalan Bulan Muharram

  • Puasa

 Ada beberapa puasa yang di anjurkan dalam bulan Muharram yang mulia ini. Berikut adalah puasa yang di anjurkan :

1.     Puasa Tasua’ (Puasa tanggal 9 Muharram)

2.     Puasa Asyura’ (Puasa tanggal 10 Muharram)

3.     Puasa Ayyamul Bidh (Puasa tanggal 13,14,15 Muharram)

4.     Puasa Senin Kamis


  • Dzikir

Seperti halnya bulan-bulan lain, di dalam bulan Muharram juga kita di anjurkan untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT, Hal ini berdasar pada perintah-Nya pada surah Al Ahzab ayat 41-42 dalam Al Quran, yang artinya sebagai berikut : 

“ Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama Allah), dengan sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya baik di waktu pagi ataupun petang “. (QS. Al Ahzab : 41-42).


  •  Sedekah

Ibadah sunnah ini sangat di anjurkan sekali dalam keadaan apapun atau dalam bulan apapun, khususnya pada bulan Muharram ini. Ada suatu riwayat hadis dari Sufyan bin Uyainah RA, yang dikutip dari 12 Bulan Mulia-Amalan Sepanjang Tahun oleh Abdurrahman Ahmad AS.

 Ia meriwayatkan, seorang muslim yang melapangkan keluarganya pada hari Asyura’ (hari ke-10 bulan Muharram), maka akan melapngkannya selama satu tahun itu. Dan Ibnu Uyainah telah melakukannya selama 50-60 tahun lamanya.


0 Response to "Sederet Amalan Bulan Muharram"

Post a Comment